[ARTIKEL] SAMPAH RE-SOUL-SI


Hai para pecinta dongeng dan kehidupan fiksi. Semoga duniamu tak sefiksi ceritaku.
Selamat menunggu pergantian akhir tahun dengan atau tanpa pasangan. Dengan atau tanpa cinta di sampingmu. Toh, ada ataupun tidak cinta, kehidupan akan selalu bergulir dan pergantian tahun akan tetap terjadi. So, bergembiralah.
2014 ke 2015. 2014 tinggal menghitung detik.
Seperti orang-orang pada umumnya, resolusi menjadi semacam plan yang harus kita tulis dan kita capai di tahun berikutnya. Ya, layaknya sebuah proyek dengan tender besar dan milyaran, resolusi adalah misi-misi kita untuk mencapai visi yang kita canangkan selama setahun.

Aku lebih suka menyebutnya sebagai RE-SOUL-SI. Re, berarti kembali. Yaitu momentum ketika kita mengingat-ingat kembali apa yang sudah terjadi. Dengan soul, lalu menyusun-nyusun rencana untuk setahun kedepannya. SI bisa diartikan sistem independen, yaitu suatu sistem di dalam diri untuk mengobrak-abrik dogma kehidupanmu setahun lalu dan setahun ke depan secara independen.
Well,  2015 mau ngapain? Saya nggak bakal ikut-ikutan bikin resolusi (yang diartikan secara harfiah) untuk tahun depan. Kenapa? Ya, karena resolusi 2014 saya ternyata masih banyak yang harus ditindaklanjuti. Saya menyebut resolusi yang belum tercapai itu sebagai sampah, atau sisa, atau hal yang tidak berguna. Karena kebodohan saya sendiri yang tidak mencapainya.
So, ini adalah pencapaian-pencapaian saya di 2014. Dari 20 target awal yang harus saya capai, hanya ada 11 (50% plus-plus) yang bisa saya penuhi.
Seperti sampah-sampah yang masih berserakan, resolusi ini harus segera dibersihkan dari daftar. Tapi apadaya, waktu tinggal menunggu jam. Jadi mungkin akan jadi resolusi tahun depan, mungkin akan saya kaji ulang lagi, atau justru saya kubur dalam-dalam.
Mari satu-satu kita dongengkan di sini.

Pertama, Memperbagus Rumah di Kampung Halaman
Status : DONE
It’s done. Untungnya ini sudah terlaksana, walaupun baru beli bahan-bahan material. Sebagai seorang anak yang baik, wajib hukumnya untuk membuatkan rumah orang tua dengan bagus sebelum bikin rumah sendiri. Saya bukanlah dari keluarga berada. Rumah di kota Bantul Yogyakarta, masih sisa-sisa gempa bumi Mei 2006. Sudah 8 tahun sejak rumah reot itu dibangun dan belum ada tanda-tanda ingin diperbaiki.
Lalu, setelah lebaran kemarin saya putuskan untuk memperbaikinya. Karena salah satu janji saya kepada Mamak (panggilan saya untuk ibu) adalah membuatkan rumah atau memperbaiki rumah di bantul sebelum saya menikah (sudah tahu kan kenapa saya nggak nikah-nikah, #ups).
Alhamdulillah, sekarang sudah beli-beli material bangunan (pasir, batu bata, semen, dll) dan ready untuk dipakai akhir Januari karena menunggu musim hujan selesai. Rancangan rumahpun sudah jadi. Desain minimalis, asalkan nyaman. Dan ini adalah janji saya kepada mamak saya.

Kedua, Beli Laptop MacBook
STATUS : DONE
Uhui, inimah cita-cita saya dari tahun 2011. Pokoknya, salah satu gaji saya akan saya gunakan untuk membeli barang paling saya incar semasa kuliah : MACBOOK by APPLE. Alasannya, dari segi desain oke, dari segi harga bikin mati hehe, dan buat penulis kayaknya wajib pakai ini (hehe). So, bulan lalu akhirnya kebeli juga laptop paling kece ini.

Ketiga, Bikin Studio Mini untuk Proyek Dongeng Digital
STATUS : NOT DONE
Semenjak membangun personal blog ini, cita-cita saya adalah menjadikan dongeng-dongeng di sini menjadi bentuk digital. Kan ada juga orang-orang yang tidak suka membaca dan lebih suka mendengarkan. So, mimpi saya adalah membuat dongeng digital yang bisa dijual hehe.
Dan untuk membuat dongeng dengan kualitas oke diperlukan studio mini. Peralatan rekam, yah pake iphone aja. Ngedit, sudah ada Macbook. Tapi bikin studionya justru belum bisa.
F*ck.

Keempat, Pergi ke MONAS
STATUS : DONE
Tiga tahun di Jakarta, bisa dihitung jari sih pergi ke Monasnya. Padahal sudah sering lewat, tapi belum sempat untuk ke sana.
Pertama kali ke sana pas kumpul sama teman-teman kuliah di Stasiun Gambir dan ending-nya jalan-jalan ke Monas. Tapi nggak sempat naik sih.
Kedua, pas kemarin ikut JAKARTA MARATHON. Tapi lagi-lagi nggak sempat naik karena antrinya panjang.
Itu sudah termasuk DONE atau belum sih?

Kelima, Kirim Cerpen ke KOMPAS dan ESQUIRE
STATUS : ½ DONE
Huft, bukan alasan sih sebagai seorang penulis harus males-malesan. Suka baca cerpen-cerpen di KOMPAS dan ESQUIRE tapi belum pernah ada yang dimuat.
Cita-citanya, tahun ini wajib ada yang dimuat.
Kirim sih iya, tapi dimuat belum. Sepertinya saya harus lebih rajin mengirimkan cerita tahun depan.
Atau, memang tulisan saya bukan genre mereka?

Keenam, Beli Kamera GoPro
STATUS : NOT DONE
Sudah tahu kan demam travelling sekarang lagi menjamur sejak dua tahun terakhir ini. Orang-orang kayak Trinity, Marischka Prudence, Wira Nurmansyah, Dua Ransel selalu bikin iri dengan blog traveller mereka. Foto-fotonya juga bikin iri.
Lalu kepikiran juga bikin blog dengan foto bagus. Iphone tak menolong. Jadi, di awal tahun sudah merencanakan tahun ini harus punya GO PRO.
Alhasil : belum kesampaian sampai sekarang.

Ketujuh, Turun Berat Badan 10 kg
Cita-cita : punya badan atletis, kulit cokelat, kayak  bintang-bintang L-Men.
Kenyataan : sering makan, jarang nge-GYM dan olahraga
Hasil : bukannya kurus, malah naik 5 kg.

Kedelapan, Bikin Platform Online Shop
STATUS : DONE
Yes, yang ini sih masih rahasia. Intinya platformnya sudah ada.
Nanti bakal dilaunching kok. Pengennya sih bikin online shop kayak ZALORA yang praktis dan selalu tidak mengecewakan. Desain layoutnya bagus, belanjanya gampang, dan barang bisa sampai tepat waktu. Dapat SMS lagi kalo barang sudah dikirim berikut dengan No Resi JNE-nya.
Jadi, nanti pengennya online shopku juga bakal seperti itu. Pokoknya harus seterkenal, setop, dan se-OKE ZALORA
Doakan saja yah.

Kesembilan, jalan-jalan alias travelling.
STATUS : DONE
Tahun ini jalan-jalannya tiga kali, yaitu ke Pantai Glagah Indah Yogyakarta, Pulau Peucang Ujung Kulon, dan Wakatobi (Thank to Daihatsu)

Kesepuluh, Beli Sepeda
Bisa dikaitkan dengan poin ke-7 sih. Berat badan nggak turun karena jarang olahraga. Dan sepeda juga belum kebeli. Jadi, I’m so sorry J

Kesebelas, Ikut seminar
STATUS : DONE
Kalo ini sih sponsor by kantor saya tercinta. Ikut seminar-nya Markplus.

Keduabelas, Ikut workshop kepenulisan
STATUS : NOT DONE
Di awal tahun sempat keterima di KAMPUS FIKSI-nya DIVA PRESS waktu roadshow di Bogor tapi nggak bisa datang karena berbenturan dengan kegiatan kantor. Dan setahun ini pun prestasinya nggak lebih baik dari prestasi tahun lalu. Tahun lalu masih ikut kelas workshopnya Radityadika, Asma Nadia. Tahun ini? NIHIL Mbro.

Ketigabelas ke Ancol
STATUS : DONE
Yang ini sih nggak perlu dijelaskan yah. Jarak kos-kosan ke Ancol cuma 15 menit. Naik sepeda juga sampai kok.

Keempatbelas, ke Trans Studio Bandung
STATUS : DONE
Lagi-lagi sponsor by kantor waktu survei untuk acara kantor tahun depan.
Tapi nggak sempat mencoba permainannya. Nyesek nggak tuh?

Kelimabelas, ke Panti Asuhan
STATUS : NOT DONE
Allah, I’m so sorry L
Tapi tahun depan, tepatnya 22 Februari 2015 (insyaAllah) bersama komunitas #WEShare kita mau mengajak teman-teman di Panti Asuhan dan Anak-anak Sekitar Kali Ciliwung untuk pergi ke Taman Safari. Ada yang mau ikut?

Keenambelas, Khatam Al-Qur’an
Allah, lagi-lagi minta maaf yah. Belum khatam nih tahun ini. Pantas saja tahun 2014 terlalu berat kulalui. Target banyak yang meleset. Pantas saja.
Aku terlalu jauh dengan-Mu.

Ketujuhbelas, Bisa nyetir mobil
STATUS : NOT DONE
#ups

Kedelapanbelas, Ke Masjid Istiqlal
STATUS : NOT DONE
Well, ini sudah keterlaluan.

Kesembilanbelas, Menerbitkan Novel
Sudah baca “Jogja After Sunset” ?
Lihat siapa penulisnya?

Keduapuluh, Ikut Maraton
Tahun ini ikut 3 maraton sekaligus, yaitu : WATER RUN 8k, JAKARTA MARATHON 5k, dan ECO RUN Pertamina 5k.

Eh iya, mau koreksi. Bukan Run, tapi WALK. Jadi ikutnya WATER WALK, JAKARTA WALK, dan ECO WALK
J

Lalu resolusi jodoh kapan dilistkan?
2015.


Mungkin.


Lalu, apa sampah re-soul-si 2014 mu, Dongengers?
[ARTIKEL] SAMPAH RE-SOUL-SI [ARTIKEL] SAMPAH RE-SOUL-SI Reviewed by Wignya Wirasana on 12/31/2014 Rating: 5

6 comments:

  1. Wah banyak yang udah dan keren-keren ya. Paling salut yang nomor satu sih. :)

    ReplyDelete
  2. Bagus tuh cita" app yng di inginkan semoga tercapai aminn

    ReplyDelete
  3. wowww, anak muda dan sudah lumayan berjaya! saluuut. salam kenal yakkss,..aku wong mbantul juga lho; korban gempa 2006 jugaak..pingin kadi novelis juga :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.