[REVIEW] TERCEPAT, TERBAIK, & ELEGAN ALA SAMSUNG GALAXY S6 & S6 EDGE

25.5.15

Sewaktu kuliah di Teknik Industri, aku pernah belajar tentang Product Life Cycle atau dalam bahasa yang lebih dimengerti ‘Siklus Hidup Produk’. 

Yang jelas Siklus Hidup Produk bukan jenis cerpen baru di blog dongeng ini yang selalu bikin malam minggu dan malam jumat kamu terasa menyenangkan. 

Jadi apa dong Siklus Hidup Produk itu Boy?
Siklus dalam KBBI diartikan sebagai putaran waktu yang di dalamnya terdapat serangkaian kejadian yang berulang secara tetap dan teratur. Hidup bisa diartikan sesuatu yang bergerak. Jadi kalo siklus hidup produk berarti, putaran waktu yang bergerak suatu produk. Mulai mengerti?

Ada 5 tahapan siklus hidup produk dan bisa dilihat berikut ini.

Nah, setiap produk yang sudah berada di fase kemunduran (decline) harus mengalami pembaruan. Selain untuk me-resfresh produk yang sudah ada, pembaruan ini juga untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin kompetitif. Makanya, produk baru diciptakan.
Contohnya nih ya: Syahrini. Dia selalu menelurkan tren-tren baru. Aku sebut aja Syahrini sebagai produsen dan tren-trennya sebagai suatu produk. Dia pernah menciptakan tren Jambul Khatulistiwa. Awal kemunculnya sangatlah fenomenal, kemudian tren itu mencapai puncaknya, yaitu saat orang mulai membicarakan dan menirunya. Setelah agak lama nih, tren itu mulai redup (decline). Jadi deh Syahrini menciptakan tren baru (ingat bulu mata anti badai, maju mundur cantik, sesuatu, atau yang terbaru 'seperti itu') untuk me-refresh produknya agar dia tetap exist. Mulai ngerti? Itu hanyalah salah satu contoh sederhana.
Dalam menciptakan produk itu diperlukan rumusan sederhana agar sukses.

Dalam menciptakan suatu produk, ada rumusan sederhana yang bisa menjadikan suatu produk itu sukses, yaitu : jadilah yang tercepat (pertama), jadilah yang terbaik, atau jadilah yang paling beda. Kasus Syahrini di atas adalah contoh produk yang ‘paling beda’ dan ‘yang pertama’.

Salah satu perusahaan yang mengadopsi rumusan sederhana ini adalah SAMSUNG ketika mereka meluncurkan SAMSUNG GALAXY S6 dan S6 edge baru-baru ini.

Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada 1 Maret 1938 di Daegu, Korea, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Samsung sampai saat ini juga menjadi salah satu brand terbesar di Dunia dengan mengeluarkan ponsel pintar yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gadget. Salah satunya adalah Samsung Galaxy S (Iya tahu, aku ngutip di wikipedia. Lebih lengkapnya ada di sini).
Samsung Galaxy S merupakan terobosan terbaik dari Samsung sehingga pabrikan ponsel ini kemudian merajai ponsel pintar dunia, disusul oleh produk-produk unggulan mereka seperti Samsung Note dan Samsung Tab. Terobosan ini tentunya buah dari pemikiran, inovasi, dan kreativitas para inovator Samsung untuk menghasilkan ponsel pintar yang terbaik di masing-masing kelasnya.
Samsung Galaxy S sangatlah fenomenal. Ya, bisa dikatakan kalo dari sekian banyak tipe ponsel pintar bikinan Samsung, seri Samsung Galaxy S-lah yang berperan menjadikan Samsung besar seperti sekarang. Pabrikan ponsel pintar asal Negeri Ginseng tersebut kini merupakan raksasa gadget yang merajai pasar-pasar international.
Samsung Galaxy S pertama kali dikenalkan pada tahun 2010 oleh kepala Samsung Mobile J.K. Shin. Ponsel pintar itu terus mengalami perubahan dan peningkatan menyesuaikan dengan permintaan pasar. Sampai kini seri Galaxy S sudah memiliki lima anggota, mulai dari Galaxy S pertama hingga yang paling teranyar adalah Galaxy S6 & S6 Edge.

Kisah sukses Samsung bisa dilihat dari perjalanan seri ponsel Galaxy S dari tahun ke tahun.
Mengapa ya kok harus ada S, S2, S3, dst? Seperti yang sudah aku jelaskan di atas bahwa umur suatu produk itu akan mengalami penurunan pamornya saat memasuki masa decline. Makanya, produk baru pun dibuat.
Lalu seperti apa perjalanan generasi Galaxy S?

Nah, Samsung kini baru saja meluncurkan generasi Galaxy S yang paling baru, yaitu S6 & S6 Edge yang diklaim Samsung sebagai ponsel terbaik karena memiliki tiga keunggulan sekaligus yaitu paling cepat, paling baik, dan paling elegan. Peluncuran ponsel terbaru itu pada event tahunan yakni Mobile Word Congress (MWC) 2015 di Barcelona, Spanyol. Samsung secara langsung memperkenalkan Galaxy S6 & S6 edge dalam acara Samsung Unpacked dengan tema “What’s Next”.
Lihat video peluncuran di video berikut. 
Kalo mau versi yang 43 menit bisa di lihat di sini. Peluncurannya keren euy.

Di Indonesia sendiri, dua ponsel itu resmi diluncurkan pada tanggal 29 April 2015 di acara peluncuran Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge di Rafless Hotel, Jakarta.

Rumusan produk sukses yang sudah aku jelaskan di atas biasanya selalu berdiri sendiri-sendiri. Jika tidak yang paling pertama, ya paling baik, atau paling beda. Jikapun gabungan, biasanya hanya dua rumusan saja. Namun, Samsung menggabungkan ketiganya sehingga menghasilkan produk generasi Galaxy S yang luar biasa: YAITU TERCEPAT, TERBAIK, DAN DESAIN ELEGAN YANG PALING BEDA.

TEKNOLOGI LAYAR PERTAMA
Tercepat bisa diartikan menjadi yang paling pertama.
Dan Samsung merupakan perusahaan ponsel pintar pertama yang mengaplikasikan teknologi layar pertama, yaitu Curved Edge Screen yang khusus dibenamkan pada Layar S6 Edge. Teknologi ini membuat sisi kiri dan kanannya menjadi melengkung. Hal ini gunanya untuk menampilkan notifikasi dan membuat icon aplikasi lebih menarik.
Untuk melindungi layar dari goresan, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass 4. Kamu semua tak perlu khawatir ponsel pintar ini akan tergores saat di simpan di saku berbarengan dengan kunci atau benda logam lain.

PROSESOR TERCEPAT
Tercepat berarti bisa juga tak tertandingi kecepatannya.
Baik S6 maupun S6 edge memiliki prosesor tercepat di kelasnya. Keduanya dilengkapi dengan 64-bit octa-core processor, GPU canggih, dan RAM 3GB sehingga kedua ponsel ini memiliki fungsi multitasking dan multimedia yang keren banget.
Bagi penggemar games, kalian tak perlu khawatir jika instal games. Waktu aktif dan launching aplikasinya cepat banget. Sehingga kedua ponsel ini memiliki performa yang tak terkalahkan.
Dengan prosesor tercepat di kelasnya, Samsung Galaxy S6 & S6 Edfe juga memiliki fitur fast launching camera. Sehingga kita tak perlu menunggu terlalu lama untuk mengaktifkam kamera. Sangat cocok bagi kita yang suka sekali street photography yang harus cepat tanggap menangkap momen.Dengan fast launching camera, kita hanya perlu waktu 0.7 detik untuk mengaktifkan kamera. WOW.

PROSES CHARGING TERCEPAT
Salah satu keunggulan lain dari kedua ponsel ini dari sisi TERCEPAT adalah kecepatan charging baterai.
Aku termasuk salah satu orang yang selalu bermasalah dengan baterai ponsel pintar yang boros dan proses charging-nya yang lama. Suka kesel kan kalo baru dipakai sebentar ponsel sudah drop dan ketika di-charge lama banget. Nah, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge memilki teknologi charging yang cepat.
Nah, dengan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge masalah itu akan teratasi. Hanya dalam waktu 10 menit pengisian singkat, kapasitas baterai yang terisi bisa untuk dipakai menonton film HD selama 2 jam, atau menyetel musik selama 8 jam, atau kurang lebih 4 jam untuk penggunaan normal.
Untuk pertama kalinya juga, Samsung menerapkan teknologi wireless charging. Dengan teknologi ini, kita bisa charging tanpa kabel. Keren kan?
Jadi, tak salah jika Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge akan menjadi ponsel pintar paling efisien dan mengerti kebutuhan kita.

KAMERA PONSEL TERBAIK DI KELASNYA
Berbekal sensor resolusi tinggi pada kamera depan (5 MP) dan kamera belakang (16 MP) menjadikan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge sebagai ponsel pintar berkamera yang tajam, handal, dan cepat (ingat penjelasan sebelumnya).
Hobi selfie? Namun selalu kesulitan ketika mau selfie malam hari di kondisi gelap? Hasilnya kadang burem dan gelap. Tenang saja, kedua ponsel ini menggunakan  lensa F1.9 memberikan tampilan gambar superior berkualitas tinggi bahkan pada kondisi gelap sekalipun.
So, kita tidak perlu kerepotan lagi untuk selfie dengan hasil yang luar biasa. Dengan kamera ponsel terbaik, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge menjadi yang terbaik di kelasnya.



DISPLAY LAYAR TERBAIK
Salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge adalah pada layarnya. Keduanya mengadopsi layar LCD seluas 5,1 inci yang memiliki resolusi Quad HD atau setara 1440 x 2560 piksel. Selain itu dengan teknologi Super AMOLED capacitive touchscreen, kedua ponsel ini mampu menampilkan 16 juta warna dan menghasilkan kecerahan tak terkalahkan baik di dalam maupun di luar ruangan. Layarnya sendiri memiliki kepadatan hingga 577 ppi sehingga menghasilkan tampilan dengan detail yang sangat tinggi.  Kita bisa mengambil foto dimanapun, dalam kondisi apapun, dan tak perlu khawatir dengan hasilnya.


DESAIN YANG ELEGAN
Kesan pertama ketika aku melihat Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge di youtube adalah : ELEGAN. Ternyata setelah melihat aslinya, persepsi itu tetap sama. Ponsel ini keren dan elegan banget.
Dengan bentuk yang berbeda dari ponsel pintar lainnya dan material yang lebih oke dari seri sebelumnya, membuat kedua ponsel ini menjadi ponsel pintar paling elegan di kelasnya.
Samsung telah meninggalkan bahan polycarbonate atau plastik pada body ponsel yang memang menjadi kritikan utama dari para penggemarnya.  Mengutip dari web-nya Samsung, ponsel pintar ini desainnya terinspirasi dari karya pengrajin kaca tiup dan pandai besi, sehngga menghasilkan perpaduan desain sempurna antara kaca dan logam. Hal ini menyebabkan desainnya tampak sangat luar biasa elegan.
Materi logam dan kaca yang digunakan memberikan ruang yang lebih luas bagi kita saat memegangnya, sehingga tombol di samping ponsel bisa diakses dengan nyaman. Karakteristik unik kacanya yang ditambah lapisan pola mikro di dalam kaca membuat body Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge ini menampilkan rangkaian warna seperti dan tekstur visual yang menakjubkan.
Bagian belakang juga diberikan sentuhan yang luar biasa. Bagian belakang diberikan rasa mewah dengan warna high glossy yang dapat memantulkan cahaya ketika dilihat dari sudut yang berbeda, sehingga menciptakan tekstur visual yang spektakuler.
Desain elegan dari Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge bisa dilihat di video berikut.

PILIHAN WARNA YANG ELEGAN
Desain yang bagus tentunya akan mubazir jika warna yang digunakan tidak mendukung. Untuk itu Samsung juga memberikan warna-warna yang disukai oleh konsumen dan tentunya memberikan nuansa elegan.
Sejauh ini, ponsel pintar di kelas premium hanya memiliki tiga warna, hitam, putih, dan emas dengan kombinasi metal. Untuk kedua ponsel pintar premiumnya, Samsung memberikan pilihan warna yang lebih namun tetap elegan, yaitu Gold Platinum,  White Pearl,  Green Emerald (hanya Galaxy S6 Edge),  Blue Topaz (hanya untuk Galaxy S6), dan Black Saphire.
Pilihan warna yang disediakan Samsung seperti tersebut di atas sangat menarik. Di balik  warna-warna yang dikeluarkan tentunya akan menjadi inspirasi para fashionista dalam berbusana yang ingin tampil elegan.





FITUR LAIN YANG TAK KALAH KEREN
Sistem keamanan yang tangguh
Samsung Galaxy S6 hadir dengan keamanan solusi yang tangguh: KNOX dan pemindai sidik jari.
Smart Manager
Butuh aplikasi untuk memeriksa beberapa informasi sekaligus? Aplikasi Smart Manager jawabannya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memeriksa berbagai informasi berguna tentang status baterai, penyimpanan, RAM, keamanan dan lainnya dengan mudah.
Sharing Konten dengan One-Click
Dengan satu sentuhan kita bisa mem-pairing Samsung Galaxy S6 dengan Samsung Smart TV via BLE (Bluetooth Low Energy). Dengan teknologi ini, kita tidak akan kesusahan lagi jika ingin menonton film dari ponsel ke layar TV, atau berbagi layar TV ke ponsel.


Berikut adalah spesifikasi untuk Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge. 




Dua seri Galaxy S6 itu mulai tersedia di pasar mulai 8 Mei untuk di Jakarta dan Medan, serta tersedia secara nasional mulai 11 Mei. Untuk banderol, Samsung Galaxy S6 mulai Rp 9,49 juta dan Galaxy S6 Edge mulai 12,49 juta.

Kemarin aku udah sempat nyoba dan foto-foto bareng Samsung Galaxy S6 dan Samsung S6 Edge. Emang keren dan bikin ngiler mau beli. Semoga aku bisa segera nabung untuk beli ponsel terbaik ini. Amiinnn…
Berikut adalah video yang sengaja aku ambil kemarin dan aku gabung-gabung untuk membuktikan bagaimana ponsel terbaik versi SAMSUNG GALAXY S6 & S6 edge.


Begitulah pendapat aku tentang seri Samsung Galaxy S yang teranyar. Keren bin paten kan. Nggak salah kalo dua jagoan baru Samsung ini disebut sebagai THE NEXT SMARTPHONE.
Mohon kritik, saran, komen, apapun yang bisa memperbaiki review di blog dongeng terbaik ini. Kalo mau kirim pacar juga boleh. Ke daerah Kelapa Gading ya :) Jangan lupa doain aku biar bisa segera beli (atau dapat) Samsung Galaxy S6 (syukur-syukur yang Edge). Amiiiiinnnnn.
Jalan lupa untuk update info produk-produk ponsel pintar Samsung di sini, like fanpage facebook Samsung Indonesia di sini, dan follow twitter Samsung Indonesia di sini. Jangan lupa juga follow @wignyawirasana hehe.
Review ini sengaja aku buat untuk diikutkan lomba yang diadakan oleh blogdetik dan Samsung Indonesia. Kamu juga bisa ikutan kok. Caranya? Klik di sini.

Salam Ndongeng Boy,
[wignya]

You Might Also Like

1 comments