[ARTIKEL] INI DIA PANTAI-PANTAI TERBAIK DI INDONESIA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI


(adsMenyelesaikan satu novel itu butuh perjuangan, baik waktu maupun tenaga. Jadi, setelah menyelesaikan satu novel selama berbulan-bulan, rasanya pengen sekali untuk liburan. Liburan ke pantai adalah salah satu pilihan liburan yang menyenangkan, apalagi Indonesia memiliki banyak pantai terbaik. Selain itu, pantai juga menjadi salah satu tempat menulis yang penuh inspirasi versi saya.

Pemandangan alam di sekitar pantai memang sangat memanjakan mata. Pasir pantai yang lembut akan membuat kita lebih rileks. Lebih lengkap lagi kalau kita suka menyelam (saya sedang belajar untuk ini) atau berselancar. Menikmati keindahan bawah laut dapat mengembalikan suasana hati yang suntuk menjadi riang. Siapa tahu ide-ide untuk novel atau dongengdi blog bisa langsung berlompatan ketika kita duduk di tepi pantai sambil bermain pasir dan air.

Untuk berlibur ke pantai-pantai terbaik di Indonesia, kamu bisa mencapainya melaluinya perjalanan darat dan udara. Beberapa pantai terbaik di Indonesia berada di daerah terpencil. Perjalanan melalui udara bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat Wings air yang memang melayani rute ke wilayah terpencil. Beli tiket wings air murah dari jauh hari agar tidak kehabisan ya.

Nah, yuk simak rekomendasi pantai-pantai terbaik di Indonesia yang harus kamu masukkan ke dalam daftar liburan:

Pantai Derawan
Pantai yang ada di Kepulauan Derawan ini menyajikan pemandangan bawah laut yang mengangumkan. Saya kebetulan pernah menyelam di spot di sana, dan itu sangat indah.

Kepulauan Derawan terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan dan masuk ke wilayah Kabupaten Berau. Di dalamnya ada lima pulau: Derawan, Maratua, Kakaban, Sangalaki, dan Mamaki. Sudah tentu kamu harus memanfaatkan kesempatan datang ke Derawan untuk menyelam. Disediakan peralatan menyelam dengan biaya sewa kurang lebih Rp50.000 per hari.

Rute ke Derawan ini, bila dari Jakarta harus transit dulu di Balikpapan, kemudian naik pesawat Wings Air ke Berau atau Tarakan. Jika perjalanan dilakukan sendiri atau jumlah rombongan sedikit, lebih baik menggunakan rute ke Berau karena ada public boat (perahu untuk umum) yang biayanya lebih murah. Sedangkan jika jumlah rombongan besar, bisa menggunakan rute ke Tarakan untuk kemudian menyewa speed boat yang biayanya bisa dibayar secara patungan.
Sumber foto: kepulauanderawan.wordpress.com

Pantai Merah Jambu di Pulau Komodo (Pink Beach)
Mau menikmati sensasi pasir pantai yang berbeda? Datanglah ke Pink Beach di Pulau Komodo. Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna merah jambu yang dihasilkan dari serpihan karang dan biota-biota laut yang terdampar di daratan. Keindahan pantai ini sangat luar biasa. Hanya ada tujuh pantai yang serupa dengan Pink Beach.

Pantai ini  berada di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur. Tentu saja dengan demikian, di kawasan ini juga terdapat makhluk purba yang langka dan dilindungi, yaitu Komodo. Kamu juga bisa menyelam ke dalam laut dan menemukan aneka hewan laut yang cantik. Terumbu karangnya pun masih terjaga.

Rute ke Pulau Komodo ini, bila dari Jakarta harus transit dulu di Denpasar kemudian meneruskan perjalanan ke Labuan Bajo dengan pesawat Wings Air. Labuan Bajo adalah kota kecil yang ada di barat laut Pulau Flores. Kota ini adalah gerbang menuju Pulau Komodo. Dari Labuan Bajo, harus menyeberang ke Pulau Komodo dengan menggunakan perahu sewaan.

Memang membutuhkan perjuangan yang lumayan untuk mencapai Pantai Merah Jambu yang merupakan satu dari pantai terbaik di Indonesia ini, tetapi perjuangan itu akan  terbayar sesampainya di sana dengan pemandangan yang indah. Mau menulis cerpen seperti ‘Lelaki yang Sering Patah Hati’ atau ‘Tuhan, Aku Patah Hati’ di tempat ini? Bisa banget. Suasana pantai yang indah akan mengalirkan ide-ide keren ke tulisanmu.
Sumber foto: bekasonbay.blogspot.com

Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat di Papua semakin populer di dunia. Ada sekitar 75% spesies ikan yang ada di dunia ini, ditemukan di perairan Raja Ampat. Kepulauan Raja Ampat bahkan telah dibuat film dokumenternya, berjudul Edis Paradise 3. Jika kamu berkunjung ke Raja Ampat, kamu juga harus menyelam untuk menyaksikan keindahan bawah lautnya.

Tentu saja kamu akan ditemani oleh ahlinya dan diharuskan menggunakan peralatan menyelam yang lengkap. Perairan Raja Ampat sangat dilindungi oleh pemerintah untuk menjaga ekosistemnya agar tidak rusak, mengingat destinasi ini telah menjadi destinasi favorit para wisatawan. Rute untuk menuju ke Raja Ampat dari Jakarta ke Sorong menggunakan pesawat Wings Air dan transit di Makassar.

Dari Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, kamu bisa menggunakan angkutan umum ke Pelabuhan Sorong untuk naik kapal rakyat ke Waisai, ibukota Raja Ampat. Selanjutnya, kamu bisa mencari penginapan yang ada di Waisai. Untuk melayari perairan Raja Ampat, kamu bisa menyewa perahu-perahu milik warga setempat.

Pantai Parangtritis
Ini Pantai yang sangat familiar dengan saya, karena letaknya yang tak jauh dari tanah kelahiran.

Pantai Parangtritis terletak sekitar 27 kilometer dari Kota Yogyakarta dan sangat mudah akses transportasinya. Ya, karena pantai ini berada di kota besar, yaitu Yogyakarta. Tak seperti Derawan, Pink Beach, dan Raja Ampat yang membutuhkan usaha maksimal untuk mencapainya. Inilah pantai yang kental dengan legenda Nyai Ratu Kidul. Konon, pantai ini adalah gerbang menuju kerajaan Ratu Kidul di dasar laut.

Berjalan di pasir pantai ini sambil menikmati matahari terbenam bersama pasanganmu, akan menjadi momen yang sangat romantis. Karang-karang di sekitarnya sering dijadikan lokasi pemotretan Pre Wedding. Wisata keluarga ke pantai ini akan sangat menyenangkan, karena anak-anak pasti senang bermain air dan pasir di pantai.  Selain itu, pantai Parangtritis juga sangat dekat dengan gumuk pasir yang paling besar di Asia Tenggara, yang sering dipakai untuk shooting video klip atau film.

Bunaken
Pantai Bunaken di Manado juga termasuk pantai terbaik di Indonesia. Merupakan tempat wisata paling populer dengan rata-rata jumlah kunjungan 35 ribu orang per tahun. Yang membuatnya menarik adalah terumbu karangnya yang indah dan pesona surga di bawah laut. Sudah pasti kamu harus menyelam ke dalamnya untuk membuktikan keindahannya.

Taman Laut Bunaken ini terletak di Kawasan Teluk Manado, sebelah utara Sulawesi. Terumbu Karang di Bunaken menjadi tempat hidup lebih dari dua ribu jenis ikan dan aneka ragam biota laut yang dapat kita saksikan saat menyelam. Kedalaman lautnya mencapai seribu meter. Bila menyelam lebih dalam, kamu dapat menyaksikan ikan-ikan besar, seperti ikan tuna, ikan marlin, ikan hiu, ikan pari, hingga ikan paus.

Bahkan ada ikan dugong (duyung), ikan raja laut, dan cakalang. Selain menyelam, kamu juga bisa sekadar berjalan-jalan di tepi pantainya karena air lautnya yang kehijauan sangat memikat hati.
Sumber foto: indonesiaexplorer.net

Demikianlah rekomendasi pantai-pantai terbaik di Indonesia yang bisa kamu masukkan daftar destinasi wisata favorit. Kamu bisa memilih salah satunya atau bahkan mencoba mengunjungi semuanya. Rencanakan perjalanan kamu dengan sebaik-baiknya agar bisa menghemat biaya dengan tetap memberikan kenyamanan selama dalam perjalanan.


Mau liburan di pantai sambil memikirkan ide novel terbaru, atau memikirkan adegan romantis di pantai? Mengapa tidak?


[ARTIKEL] INI DIA PANTAI-PANTAI TERBAIK DI INDONESIA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI [ARTIKEL] INI DIA PANTAI-PANTAI TERBAIK  DI INDONESIA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI Reviewed by Wignya Wirasana on 11/18/2016 Rating: 5

1 comment:

  1. Nice post, tp akan lbh bagus lagi klo disertakan lbh bnyk fhoto jepretan sendiri👍

    ReplyDelete

Powered by Blogger.