LANGIT BIRU UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK


Salah satu film favoritku adalah Kingsman: The Secret Service (2014). Film ini kutonton tiga kali di bioskop, tetapi mungkin aku sudah menonton DVD-nya lebih dari 15 kali. Salah satu hal yang paling iconic dan memorable dari film ini adalah penjahatnya, Richmond Valentine dan motif kejahatannya.

Valentine ingin ‘menyelamatkan bumi’.

Menurut Valentine, bumi sekarang sedang ‘sakit’. Dia berusaha untuk menyelamatkannya, tetapi dengan cara salah. Dia akan mengurangi populasi manusia melalui sinyal dari SIM CARD. Orang-orang yang terkena sinyal itu akan saling membunuh karena radiasi yang ditimbulkan. Ekstrem sih. Namun, namanya juga penjahat di film. Jadi jangan dicontoh, ya. Sebagai generasi milenial yang dipermudah dengan internet, kita seharusnya bisa melakukan hal yang positif untuk menyelamatkan bumi.


Aku setuju dengan Valentine. Bumi kita sedang ‘sakit’ terutama karena Global Warming.  Menurut beberapa ilmuwan, bumi memang sedang mengalami isu kerusakan. Kasus global warming memang bukan kasus kemarin lusa, tetapi isu ini terus diangkat oleh beberapa negara. 

Ada yang belum tahu apa itu Global Warming? Global Warming adalah fenomena pemanasan global di mana sinar matahari memancarkan cahaya sampai menembus ke lapisan atmosfer dan menyebabkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi dan samudera secara bertahap.

Apa dampak Global Warming? Ada beberapa kerusakan alam yang akan terjadi, seperti perubahan cuaca ekstrem, iklim tidak stabil, dan yang paling menyeramkan adalah penipisan lapisan ozon yang berfungsi melindungi manusia dari dampak langsung sinar ultraviolet.  Global Warming membuat suhu global telah meningkat antara 0,4 - 0,8 ° C selama 100 tahun terakhir dan diprediksi meningkat 1,4 - 5,8 ° C di tahun 2.100.


Apa saja yang menyebabkan fenomena Global Warming itu? Efek rumah kaca yang menyebabkan peningkatan gas CO2, meningkatnya produksi CO2 karena kendaraan bermotor, menipisnya ruang terbuka hijau dan hutan, borosnya pemakaian listrik, dan masih banyak lagi.


Global Warming akan terus menerus mengancam kelangsungan hidup generasi manusia. Sebagai Generasi Milenial kita pun wajib untuk berperan serta. Beberapa perusahaan pun mulai berpartisipasi dalam penangangan Global Warming, tak terkecuali PERTAMINA sebagai perusahaan nasional penghasil bahan bakar. Salah satunya melalui proyek Pertamina yang disebut : LANGIT BIRU.

APA ITU PROYEK LANGIT BIRU?
Aku hampir dua puluh tahun hidup di Jogja. Bukan di pusat kota, tapi di dekat Pantai Parangtritis dengan hamparan sawah hijau berlatar belakang langit biru. Awan berarak putih. Udara terasa segar. Itu dulu. Sekarang aku tinggal di Jakarta, tepatnya di dekat Pelabuhan Tanjung Priok. Motor-motor berlalu lalang, mobil bermacet-macetan, jalanan dipenuhi truk-truk besar menuju pelabuhan. Langit di Jakarta jarang sekali terlihat biru. Kadang abu-abu, atau putih pucat. Hal ini tentu karena polusi udara di Jakarta yang parah.


Aku merindukan langit biru. Langit biru cerah menggambarkan keindahan. Aku percaya langit biru berarti kehidupan lebih baik. Dengan adanya pemanasan global, beberapa tahun lagi bisa saja kita akan kesusahan melihat langit biru. Sangat mengerikan.

Berangkat dari komitmen untuk terus menjaga kelestarian lingkungan, Pertamina mulai menjalankan Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC). Tujuan jangka panjang dari proyek ini adalah Pertamina ingin turut serta ‘membirukan langit’. Tidak perlu munafik, sebagai manusia kita memang membutuhkan bahan bakar. Untuk menjalankan kendaraan, untuk kepentingan industri, dll. Sebagai produsen gasoline/bahan bakar, Pertamina turut serta berperan menciptakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

PLBC adalah salah satu proyek peningkatan spesifikasi gasoline dari RON 88 menjadi RON 92. Mulai dijalankan sejak 2015 dan diperkirakan akan beroperasi di akhir tahun 2018.


MENGAPA NAMANYA PROYEK ‘LANGIT BIRU’ CILACAP?
Selain arti harafiah, yaitu langit yang cerah, langit biru memiliki makna masa depan yang lebih baik, optimis, dan penuh harapan baru. Melalui proyek ini, Pertamina berharap dapat membantu meningkatkan kualitas lingkungan melalui bahan bakar yang ramah lingkungan. Penambahan kata ‘Cilacap’ karena proyek ini dijalankan di RU (Refinery Unit) IV Kilang Cilacap, Jawa Tengah.


PROYEK LANGIT BIRU UNTUK LANGIT YANG TETAP BIRU
Mengapa Pertamina bisa meningkatkan kualitas lingkungan dan tetap mempertahankan tatanan lingkungan melalui proyek ini?

*) Proyek Langit Biru Cilacap Menghasilkan Bahan Bakar yang Lebih Ramah Lingkungan
Proyek Langit Biru Cilacap akan menghasilkan 100% bahan bakar dengan kadar RON 92 dengan spesifikasi EURO IV yang ramah lingkungan. Premium merupakan bahan bakar minyak (BBM) dengan RON 88, Pertalite memiliki kadar  RON 90, sedangkan Pertamax adalah RON 92. Di Indonesia juga mengenal Pertamax Plus, yaitu BBM dengan kadar RON 95 dan sudah memenuhi standar performa international oleh World Wide Fuel Charter (WWFC). Mengapa RON 92 lebih ramah lingkungan dari RON 88? Kepanjangan RON adalah research octane number, atau  biasa dikenal dengan Oktan. Semakin tinggi RON, maka kerja mesin kendaraan semakin efisien dan asap yang keluar mengandung gas buang yang lebih sedikit. Intinya, lebih ramah lingkungan.


*) Penanaman Kembali Pohon Baru Sejumlah Pohon Yang Ditebang Selama Proyek
Pertamina harus melakukan pembersihan lahan, termasuk penebangan pohon-pohon untuk proyek ini.

Wah, Pertamina merusak alam dong? Semakin memperparah Global Warming dong? Ozon semakin tipis dong?

Tentu saja tidak. Sudah dikatakan di atas, bahwa dengan adanya proyek ini, justru Pertamina terus berkomitmen untuk memelihara lingkungan. Caranya? Selain menghasilkan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, Pertamina akan ‘mengganti’ dan menanam kembali pohon yang ditebang. Pohon yang ditebang akan dihitung dan didata. Pertamina akan menanam kembali pohon sesuai pohon yang ditebang.  Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga tatanan lingkungan agar tetap seimbang.


Selain komitmen terhadap lingkungan, proyek ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar proyek karena mempekerjakan kurang lebih 2.000 tenaga kerja, termasuk masyarakat lokal Cilacap. Batang pohon yang ditebang juga disumbangkan di komunitas/masyarakat di sekitar proyek.

Dengan adanya proyek Langit Biru, Pertamina berharap dapat meningkat kualitas udara yang lebih terjaga, lebih sehat, dan pada akhirnya kita akan terus melihat langit biru. 

 GENERASI LANGIT BIRU UNTUK LANGIT YANG LEBIH BIRU
Kini kita mulai dipermudah dengan adanya internet, maka sudah sepantasnya kita bertanggung jawab dengan lingkungan dan kualitas hidup masa depan. Kita lebih mudah menemukan cara kreatif untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menyebarkan semangat cinta lingkungan.

Sebagai generasi milenial kita bisa menjadi Generasi Langit Biru, yaitu generasi yang peduli dengan kualitas hidup dan lingkungan untuk masa depan lebih baik.

Pertamina pun berkomitmen menjadi Generasi Langit Biru yang mementingkan kualitas hidup untuk masa depan lebih baik. Selain melalui proyek Langit Biru, beberapa Program CSR Pertamina di bidang Lingkungan merupakan komitmen dan tanggung jawab Pertamina terhadap lingkungan hidup.

Bagaimana kita bisa turut serta menjadi Generasi Langit Biru? Marilah kita mulai dari hal-hal yang kecil dulu, sebelum melakukan perubahan yang lebih besar. Misalnya saja tidak membuang sampah sembarangan, serta mulai hemat listrik dan kertas.

Yuk, kita menjadi Generasi Langit Biru #GenLangitBiru untuk masa depan yang lebih baik.  

LANGIT BIRU UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK LANGIT BIRU UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK Reviewed by Wignya Wirasana on 10/18/2017 Rating: 5

16 comments:

  1. makanya klo gak penting2 banget gag perlu keluar ya hehehe

    ReplyDelete
  2. Salut dengan komitmen pertamina menjaga lingkungan dan bumi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Yuk ikut membantu dengan menjadi Generasi Langit Baru.

      Delete
  3. kalau motret di belakangnya pas langit biru, jadi cakep deh objeknya.
    Saya cinta langit biru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, foto dengan latar belakang langit biru memang keren...

      Delete
    2. huwooo ada mba Lidha maul....

      Mba/mas, salam kenal...
      saya nyasar kesini karena sedang mencari gambar perbedaan premium dan pertamax...
      mohon ijin pakai gambarnya...
      Insyaallah redaksi/sumber gambar tetap saya cantumkan...
      terimakasih....

      Delete
    3. Iya silakan, jika bermanfaat aku pun senang...


      Btw, aku lalki-laki yah :)

      Delete
  4. The day after tomorrow juga bagus. Suka gak?

    Pertamina berkontribusi besar yah...genlangitbiru gak cuma sekedar teori kalau kita juga ikut andil di dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. THe Day After Tomorrow : Not bad.

      Yuk jadi generasi langit biru....

      Delete

Powered by Blogger.