JADI BLOGGER KREATIF BERSAMA VIVOBOOK PRO 15 N580VD



Menjadi seorang Marketing Communication yang senantiasa berhubungan dengan orang lain, aku dituntut untuk menjadi orang yang bisa berkomunikasi, kreatif, fleksibel, dan dinamis. Aku sangat bersyukur karena bisa bekerja di dunia yang dikelilingi dengan hal-hal kreatif dan orang-orang yang kreatif juga. Kehidupan kerja yang dinamis membuatku harus terus menerus mengasah otak agar tidak cepat tumpul. Hal ini berguna juga untuk membantuku membuat konten-konten di blog dan cerita fiksi dengan tema beragam.

Setiap orang memang harus kreatif, termasuk seorang Blogger. Sebagai blogger dan penulis fiksi, aku dituntut untuk berpikir kreatif dalam menyajikan konten-konten. Nasihat dari Raditya Dika saat aku mengikuti Workshop Kepenulisannya adalah ‘Jika tidak bisa menjadi yang terbaik, jadilah yang paling beda’. Jadilah penulis yang beda, jadilah blogger yang beda, buatlah konten yang beda. Dan untuk membuat hal tersebut, kita harus terus kreatif. Otak kita tidak boleh tumpul. Kita harus memberi nutrisi otak kita dengan hal-hal kreatif, misalnya menonton film, mendengarkan musik, pergi ke melihat pameran lukisan, tidak melakukan kegiatan yang rutin terus menerus dll.

Untuk menjadi beda, aku berusaha membuat konten di blog yang
§  Menginspirasi, atau
§  Memberikan pengalaman/pengetahuan/informasi kepada orang lain, atau
§  Menjadikan seseorang berpikir bahwa yang aku tulis adalah ‘Kok aku banget, ya’.
Selain itu, aku selalu berusaha menyelipkan ilustrasi di setiap tulisan di blog.

Aku percaya bahwa tulisan yang baik juga harus didukung dengan ilustrasi yang baik. Karena aku tidak memiliki basic desain grafis, aku mencari cara untuk tetap bisa bersaing dengan orang lain, meskipun dengan software yang terbatas. Intinya adalah aku mau berusaha dan kreatif.
Karena sering menyajikan grafis-grafis di blog, aku sering mendapatkan pertanyaan seperti ini : Wah berarti harus jago desain grafis dong, harus pintar pakai photoshop/software editor lain dong?
Loh, kata siapa sih harus jago. Aku akan memberikan satu rahasia kecil yang bisa kalian contoh. Tapi ini rahasia antara kita saja. Kuberitahu pelan-pelan yah. Aku mohon kamu menjaga rahasia ini.
Semua grafis dan ilustrasi di blog ini HANYA dibuat dengan: MS POWER POINT. Bahkan, aku pernah membuat video yang ditayangkan di LAYAR LED 3 X 5 meter hanya dengan MS POWER POINT. Inget ya, hanya dengan POWER POINT. Loh memangnya bisa?
Bisa. Asal kreatif.
# # #

 JADILAH BLOGGER YANG KREATIF DAN TIDAK BANYAK ALASAN
Di akhir tahun 2017, ada satu video yang cukup menyita perhatianku. Lahir dari salah satu Youtuber kreatif nusantara, yaitu Ranz & Niana dengan judul You Can Do It. Inti dari lagu itu, jika aku bisa, kamu juga bisa. Jika ada yang berhasil menjadi penulis novel terkenal, aku juga bisa. Jika ada blogger/vlogger terkenal, aku juga bisa. Kalau kata Bena Kribo, “Freakin' Start”. Mulai. Tidak perlu banyak alasan. Pun begitu dengan menjadi seorang blogger.
Aku pun bertekad menjadi blogger yang kreatif. Dan untuk menjadi seorang blogger yang ‘beda’, aku selalu berusaha menghasilkan konten yang bertujuan untuk ‘berbagi’. Jangan menyerah, jangan terlalu banyak alasan. Jadilah yang unik.
Berikut aku rangkumkan tips menjadi blogger yang keren. Tips ini diadaptasi dari beberapa sumber, salah satunya buku Million Dolar Blog karangan Natasga Courtenay-Smith.
Pertama, berikan konten yang berbeda, cari hal yang unik dan yang kamu suka.
Kedua, rajin membaca, rajin menonton, rajin mendengarkan musik, rajin mencari informasi
Ketiga, sesekali refresh otak dengan jalan-jalan ke tempat pameran, museum, tempat wisata
Keempat, perkaya skill (editing image, editing video, skill menulis artikel, dll). Ini penting. Tidak harus mahir, yang penting tahu dasar-dasarnya. Percayalah ini akan berguna agar konten blog menjadi lebih beragam.
Kelima, terakhir, konsisten. Tentu saja. Tidak ada yang lain selain kata ini.


 Buatku, konten blogger yang baik harus didukung oleh grafis/gambar/ilustrasi yang baik juga. Ilustrasi harus mendukung konten yah. Namun, kadang kita bingung kan, harus membuat grafis bagaimana?
“Aku tidak jago nih urusan photoshop, corel, dll. Aku nggak bisa nih bikin infografi yang keren.”
Dulu, aku juga berpikiran seperti itu. Tapi, aku mencari cara agar aku bisa melakukannya.
Aku pun mencari cara agar tetap bisa membuat infografis yang menarik. Setelah mencari cara di google, tentu saja, aku pun menyadari bahwa POWER POINT merupakan tools yang bisa kugunakan. Mudah, tinggal klik sana sini, jadilah semua grafis yang ada di blog ini.

Mari kuberitahu caranya.
# # #

MEMBUAT GRAFIS DENGAN POWER POINT, YAKIN BISA?
Nah, berikut aku berikan tips buat kamu yang ingin membuat grafis kreatif hanya menggunakan MS Power Point. Syarat utamanya, kamu harus punya basic pengetahuan tentang power point yah (misalnya : cara membuat file baru, menyimpan dokumen, dan cara membuat lingkaran, mewarnai shapes, dll). Jika tidak maka akan sedikit kesusahan. Tenang, belajar MS Power Point lebih mudah dibandingkan dengan Photoshop atau Corel. Percayalah.
Lalu, bagaimana caranya? Bagaimana agar blog kita ada infografis yang menarik? Bagaimana memanfaatkan google dan Power Point untuk menghasilkan grafis yang keren?

PERTAMA, setelah kamu menulis aartikel untuk blog kamu, cari tahu mana data/hal yang ingin kamu highlight. Mana kalimat yang ingin kamu tampilkan di gambar? Baca baik-baik artikel kamu. Jangan terlalu over juga yah, semuanya pengen dibuat grafis. Pilih yang memang penting untuk ditampilkan ke pembaca.
KEDUA, cari referensi desain dari infografis yang ada. Cari di mana? Ada teknologi bernama : GOOGLE yah. Aku sendiri punya satu buku yang membahas tentang infografis, judulnya “INFOGRAFIS: Kedasyatan Cara Bercerita Visual”. Aku terus belajar.
Pelajari desain inforgafis yang sudah ada. Apa yang menarik? Warnanya? Komposisi? Cara menampilkan data? Salah satu infografis yang baik adalah yang dibuat oleh tirto.id. Coba tengok ke twitter mereka ya. Meniru? Mengapa tidak? Tapi tidak ditiru seratus persen lho. Gunakan prinsip ATM (Amati, Tiru, kemudian Modifikasi agar menjadi milik kamu).
KETIGA, cari gayamu sendiri. Caranya? Cari warna yang kamu suka? Cari komposisi yang menurutmu ‘kamu banget’. Jadikan ciri khas. Ini memang membutuhkan latihan kok, tidak serta merta akan langsung dapat.
KEEMPAT, pelajari cara membuat grafis/animasi dari youtube. Bagaimana menggabungkan gambar? Bagaimana membuatnya bergerak? Sering-seringlah googling atau lihat di youtube. Ini akan menambah skill editing kamu lho. Mulai juga untuk belajar menggunakan software editing image dan video.


YUK MEMBUAT GRAFIS UNTUK BLOG DENGAN POWERPOINT?
Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk membuat grafis di MS Power Point. Ada 3 hal utama agar file kamu bisa dipost di blog. Pertama, ukuran. Kedua, desain. Ketiga, harus disave ke .jpeg atau .png. Perlu diketahui, bahwa aku menggunakan MS Power Point 2013 (sebenarnya di 2007 juga bisa, namun jika akan di-convert ke video minimal harus 2010).

Pertama, buat file baru di MS Power Point
Kedua, setting layoutnya menjadi : 100 x 70 cm (jika ingin desainnya lanscape) atau 70 x 100 cm (jika ingin desainnya portrait). Caranya : klik Tab Bar Design, kemudian pilih SLIDE SIZE.

Ketiga, buat desainmu menggunakan menu SHAPE di INSERT. Pilih yang sesuai dengan layout kamu.

Keempat, lengkapi dengan gambar. Bingung carinya kemana? Jika ingin yang gratis, bisa dicek di sini. Atau bisa juga cari di freepik.com atau pngtree.com yah. Atau bisa juga kamu cari di google. Keywordnya? Tambahkan ‘icon’ atau ‘symbol’ atau ‘animation’ di file yang kamu cari. Misal: FOOD ICON atau FOOD SYMBOL, untuk mencari simbol makanan. JANGAN LUPA UNTUK MENCANTUMKAN SUMBERNYA di layout kamu.
Kelima, setelah selesai, simpan file dengan format .PNG. Caranya? Pergi ke Ikon HOME, pilih SAVE AS, pilih file type .png di bawah kolom nama file.


MEMBUAT VIDEO ANIMASI DENGAN POWER POINT. YAKIN BISA?
Pada akhir tahun 2017, seperti layaknya perusahaan lain, tempatku bekerja pun mengadakan rapat pimpinan. Kali ini, atasanku mengajarkan ‘cara kreatif’ yang lain. Di saat semua presenter hanya mengandalkan file power point untuk presentasi dalam waktu 30 menit (dan percayalah banyak orang yang merasa bosan karena banyak sekali angka, grafik, dan huruf berseliweran), atasanku mencoba menggunakan video. Ya, menggunakan video.
Kabar baiknya, aku mendapat jatah untuk membuat dua video. DUA. Dalam waktu seminggu aku membuatnya. How come? Apalagi aku tidak punya basic mengedit video, dan laptop kantor juga tidak ada software editing.
Setelah berdiskusi dengan atasan, akhirnya aku putuskan untuk membuat video dengan POWERPOINT. Berbekal informasi bahwa file PPT bisa di-convert menjadi video (minimal harus Ms Power Point 2010), aku membuat 2 video singkat masing-masing 3 menit dengan Power Point 2013. Namun, aku juga tetap membutuhkan software video editing sederhana untuk menggabung-gabungkan beberapa animasi (hasil dari power point) menjadi satu video.
Meski hanya menggunakan aplikasi yang ringan (dibandingkan dengan software video editing lainnya tentu saja), namun karena aku bekerja dengan FILE-FILE Foto Hi-Resolution dan jumlah animasi di setiap slide yang banyak, maka aku tetap membutuhkan laptop dengan kemampuan yang mumpuni. Tentunya sangat menyebalkan jika kita menggunakan laptop yang tidak mendukung. Karena pasti akan lambat jika kita bekerja dengan multi file dan gambar-gambar yang high resolution.
Lalu bagaimana cara export animasi yang telah kita buat di PPT menjadi sebuah video?
1.      Buat animati di slide powerpoint seperti saat membuat grafis.
2.      Tambahkan animasi-animasi, dengan bantuan tab ‘ANIMATION’.
3.      Export menjadi video.

Hasilnya, video itu akhirnya jadi tepat waktu dan diputar di layar 3 x 5 meter. Kabar baiknya, kualitasnya High Resolution alias tidak pecah saat diputar.
Ternyata, power point bisa digunakan untuk membuat animasi-animasi sederhana. Ya, ketika bekerja, memang kita akan menghadapi hal-hal yang sangat tidak terduga. Hal-hal yang mendesak, tentu adalah makanan sehari-hari. Aku jadi teringat dengan semua tugas waktu di bangku kuliah yang selalu menumpuk setiap minggu. Aku baru sadar bahwa hal ini adalah training sebelum kita menghadapi hal-hal ‘mendadak’ waktu kerja beneran. Kita belajar untuk memanage waktu tentu saja. Dan kita dituntut untuk kreatif dalam setiap menghadapi permasalahan.

LAPTOP LEMOT SAAT MENDESAIN GRAFIS/EDIT VIDEO?
Meskipun hanya bekerja dengan software ringan seperti Ms Power Point, namun tentu saja aku bekerja dengan foto-foto/gambar yang hires agar kualitas grafis/video tetap oke. Jika harus mengedit grafis/video dengan Powerpoint berslide-slide dengan banyak animasi, kadang laptop yang kupakai lemot. Belum lagi jika kita harus membuka banyak file dan banyak software (multitasking).
Tentunya laptop yang lemot adalah salah satu hal yang menyebalkan, karena bisa menghambat kita dalam bekerja. Produktivitas bisa menurun. Meskipun ini bukan satu alasan, tapi tetap saja kadang menjengkelkan, kan?
ASUS memberikan solusinya dengan laptop keren yang diciptakan saat perjalanan ASUS mencari keistimewaan (In Search of Incredible), yaitu ASUS VivoBook Pro 15 N580VD.

Laptop ini merupakan laptop kelas Middle-High dan mengedepankan performa yang istimewa disertai dengan balutan desain khas ZenBook. Laptop ini sudah menggunakan Prosesor Intel® Core™ i7-7500U dan sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10. Namun yang mengejutkan, laptop ini ditawarkan dengan harga yang lebih bersahabat dari varian Asus ZenBook. Sangat cocok untuk para content creator yang bekerja dengan video/grafis dan memerlukan laptop dengan kemampuan yang mumpuni. Buat kamu para gamers, laptop ini juga sangat cocok kok.

Laptop ini mendapatkan banyak sekali improvement, baik secara tampilan desain maupun kemampuannya. Mari kita bedah alasannya, mengapa ASUS VivoBook Pro 15 N580VD bisa digunakan para Content creator dan Gamers.


TAMPILAN DESAIN KEREN & RINGAN
Aku termasuk orang yang memperhatikan visual fisik ketika memilih gadget/laptop. Saat memilih ponsel, aku lebih memilih layar yang lebar karena asyik untuk nonton video. Saat memilih laptop, aku berusaha memilih visual desain yang keren dan ringan.  
ASUS VivoBook Pro 15 N580VD menawarkan desain yang ramping dan elegan karena terbuat dari bahan alumunium berkekuatan tinggi dan melalui serangkain proses manufaktur yang rumit. Hal ini membuat VivoBook Pro 15 N580VD menjadi kuat, tahan benturan, dan juga ringan. Selain itu, secara tampilan VivoBook Pro 15 N580VD menjadi salah satu laptop keluaran Asus yang elegan dan kece.

VivoBook Pro 15 N580VD adalah model tertipis dan ringan yang ditawarkan di seri VivoBook Pro. Dengan berat keseluruhan hanya 2.2 Kg, laptop ini tentunya sangat mudah untuk dibawa kemanapun kita pergi. Dalam salah satu reviewnya, laptop ini masih bisa dibawa di dalam tas bersama dengan kamera, dua lensa, tripod, ball head, slider dan tentu saja powerbank. Untuk para content creator yang suka berpindah-pindah tempat kerja, laptop ini tentu sangat cocok.


PERFORMA MUMPUNI
Menjadi seorang content creator, blogger, vlogger, atau bahkan penulis membutuhkan laptop anti lemot untuk mendukung produktivitas. Sangat mengesalkan jika sedang asyik bekerja, tapi laptop yang kita gunakan suka ngehang atau tiba-tiba suka mati sendiri. Meskipun kita tidak boleh banyak alasan, namun laptop yang mumpuni tentu akan membuat kinerja kita semakin baik. Ya, walaupun harus kutekankan bahwa kreativitas tidak boleh dibatasi oleh tools yang kita pakai. Tetapi, jika kita didukung oleh tools yang mumpuni, mengapa tidak?

Asus mendesain VivoBook Pro 15 N580VD dengan sangat baik, khusus untuk para content creator yang bekerja dengan grafis, multimedia, dan juga untuk para gamers. Performa laptop ini tinggi karena didukung oleh Intel® Core™ i7-7700HQ dengan RAM 8GB (WOW ini keren) DDR4 yang kinerjanya 33% lebih cepat dari DDR3. Hal ini membuat kita bisa membuka software apapun saat bekerja multitasking, tanpa khawatir akan nge-lag.
Bisa dibayangkan dong betapa cepatnya.

Laptop ini juga dilengkapi dengan grafis NVIDIA® GeForce® GTX 1050 yang sering digunakan dalam laptop gaming, membuat VivoBook Pro 15 N580VD memiliki tampilan layar yang sangat jernih. Selain itu, VivoBook Pro N580NV juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10. Seperti taglinenya, ASUS VivoBook Pro : Kinerja adalah Segalanya. Asus sepertinya sengaja menyematkan tenaga keren untuk laptop ini, khusus untuk editing video/grafis, multimedia, dan games.
Ketika menggunakan beberapa software yang dibuka secara bersamaan (multitasking), biasanya laptop menjadi panas. Kadang kipasnya juga menjadi bunyi, sehingga sedikit bising. Hal ini tentunya tidak akan terjadi pada laptop Vivobook Pro 15 N580. ASUS VivoBook Pro N580 memiliki sitem pendingin dual-fan yang terpasang pada CPU dan GPU. Dual-fan ini memastikan kinerja laptop mulus dan stabil saat digunakan untuk multitasking atau main games maraton. Integrasi dual fannya akan sangat efektif untuk mengeluarkan panas, karena memiliki delapan pilihan kecepatan yang otomatis dan efektif menyesuaikan pendinginan maksimum dengan sedikit bising. Sistem pendingin ini setara dengan laptop gaming.


VISUAL YANG TAJAM (FULL HD)
Apalah arti laptop yang digunakan untuk mengedit grafis atau video tanpa tampilan layar yang keren dengan warna tajam. Dengan hardware yang super kece sehingga memiliki performa terbaik, Asus VivoBook Pro 15 N580VD ternyata juga memiliki tampilan visual layar terbaik.
Asus menggunakan teknologi Splendid yang membuat laptop mengeluarkan gambar yang optimal, terutama saat melihat film atau video sehingga gambarnya menjadi lebih hidup dan warnanya lebih kaya. Selain itu, ASUS Tru2Life Video yang disematkan diklaim akan selalu mampu menyajikan tampilan gambar bergerak yang mengagumkan seperti realistis. Teknologi ini biasanya dipakai perangkat televise high-end modern.
Dengan beberapa teknologi ini, foto, video, atau grafis yang kita buat akan semakin terlihat indah dan real.

 Vivobook Pro 15 N580 juga dilengkapi dengan teknologi TruVivid, yaitu teknologi yang menyempurnakan kejernihan, kecerahan dan tingkat responsivitas pada layar, yang biasa digunakan pada peringkat pintar.

AUDIO PREMIUM
Mengedit video, mendengarkan musik, atau menyaksikan film di laptop Vivobook Pro 15 N580 akan semakin menyenangkan karena laptop ini menggunakan audio premium. Asus bekerjasama dengan Harman Kardon untuk mengembangkan audio yang disematkan pada laptop ini.


Speaker yang kuat dengan ruang 8cc dan teknologi Smart Amplifier membantu memaksimalkan volume sambil tetap menjaga kualitas suara. Smart Amp diklaim ASUS mampu memberikan kualitas audio yang kencang tetapi tetap jernih. Teknologi ini membuat output kualitas audio memiliki volume audio 3.2 kali lebih kencang, 2.5 kali lipat lebih nge-bass, 3 kali lebih bertenaga, sehingga dapat dipastikan kita bisa mendengarkan suara bass dan treble yang kaya.


FITUR LAIN TAK KALAH KEREN
ASUS VivoBook Pro 15 memiliki keyboard full-size backlit yang sempurna untuk pengaturan cahaya rendah. Keyboardnya yang kokoh dengan tombol berjarak hanya 1.4mm menawarkan pengetikan yang tentunya ergonomis dan nyaman. Laptop ini juga dilengkapi dengan Fingerprint Sensor. Sensor fingerprint dengan Windows Hello membuat kita dapat mengakses komputer tanpa mengetik password.

Selain itu, baterai Vivobook Pro 15 N 580 bisa diisi dengan cepat hingga 60 persen hanya dalam waktu 49 menit. Wah, kita tidak perlu khawatir akan sering kehabisan baterai yah.
Untuk menambah produktivitas, laptop ini juga menawarkan port USB 3.0 dan port HDMI serta card reader. Ingin akses Wifi yang cepat? Asus menyematkan konekvititas jaringan Wi-Fi berjenis 802.11 AC sehingga kita bisa menikmati kecepatan wifi hingga 867Mbps.

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari VivoBook Pro 15 N580VD:


BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN VIVOBOOK PRO 15 N580VD?
Dibandrol dengan harga Rp. 15.299.000 (syarat dan ketentuan berlaku), kamu bisa mendapatkan laptop ini di sini. Atau kamu juga bisa mendapatkan panduan produknya di sini.


MENGAPA HARUS ASUS?
Bagi yang belum tahu, kata ‘ASUS’ diambil dari empat huruf terakhir kata Pegasus, kuda bersayap dalam mitologi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan. ASUS menjelmakan kekuatan, kemurnian dan jiwa petualang dari makhluk mengagumkan ini, dan membubung tinggi menuju puncak dengan setiap produk yang diciptakannya. (sumber : asus.com).

Asus merupakan salah satu World’s Most Admired Companies dari Fortune Magazine. Saat ini memiliki lebih dari 58 kantor cabang secara global, degan lebih dari 17.000 karyawan, termasuk world class R&D.

Asus memberikan layanan dukungan online yang bisa di akses di sini.

Ingin lebih dekat dengan Asus Indonesia, bisa kontak pada beberapaa layanan berikut.


YUK, JADI BLOGGER KREATIF SEKARANG
Sebenarnya memang mudah saja menjadi blogger. Tetapi, menjadi blogger yang kreatif memang mengharuskan kita untuk terus bekerja keras, tidak kenal lelah, tanpa banyak alasan, dan dimulai dari SEKARANG.
Jika tidak dimulai, kapan lagi. “Oh, aku tidak bisa membuat grafis seperti kamu. Nanti blogku jadi jelek.” Hei, bacalah artikel di atas baik-baik. Aku hanya mendesain semua grafis hanya menggunakan POWERPOINT.
Jika yang lain bisa, kita juga bisa kan?
Kamu siap?


- har ! -
JADI BLOGGER KREATIF BERSAMA VIVOBOOK PRO 15 N580VD JADI BLOGGER KREATIF BERSAMA VIVOBOOK PRO 15 N580VD Reviewed by Wignya Wirasana on 1/30/2018 Rating: 5

12 comments:

  1. luar biasanya proses pembuatan ilustrasi menggunakan powerpoint, hal ini memang ga penah saya pikirkan sama sekali. Kamu benar2 berbeda!!!

    Saya aja baru tahu, dengan powerpoint saja bisa menghasilkan ilustrasi yang bagus, saya akui ini bagus lho ilustrasinya. benar-benar kreatif.

    Wahhhh vivi ini pakai Nvidia GTX 1050 :DDD plus prosessor intel 07, kalau saya punya ini bakalan buat ngegame haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah. Sebenarnya tinggal kreativitas kita aja untuk membuat grafis-grafis dan ilustrasinya.

      Sangat membantu kok Power Point.

      Saya kebetulan tidak terlalu suka games, hehe. Jadi pasti akan pakai ini untuk ngedit video.

      Delete
  2. Laptop yang keren banget, buat ngedit video pasti minim lag

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, idaman yah. Tapi kalo aku kurang tipis sih sebenarnya. Mungkin untuk mengimbangi spek-nya yang memang keren sih.

      Semoga segera punya :)

      Delete
  3. Ini laptop keren. Dilihat dari spesifikasinya memang cocok bagi kita para konten kreator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget. Cocok untuk ngedit video sih. Pas bagi para blogger dan vlogger .

      Delete
  4. Suka banget ikh ama kata-katanya radytia "klo kita ga bisa jadi yang terbaik, jadilah yang beda". Aduh saya pun berbarap saya bisa berbeda minimal dari gaya bahasa saya ngeblog memiliki ciri khas bagi orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget kata-katanya Raditya Dika. Aku ingat sampai sekarang.

      Semangat ngeBLOG, sebarkan hal positif

      Delete
  5. Jadi blogger kerjaannya tambah banyak hehe

    ReplyDelete
  6. Penulisnya kreatif tingkat dewa nih..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.